Cara Mudah Mengamankan Jaringan Wifi Dirumah

Cara Mudah Mengamankan Jaringan Wifi Dirumah - Dengan adanya jaringan wifi dirumah. Tentu saja membuat kita lebih mudah berinternet, karena tidak membutuhkan kabel untuk mengkoneksikan laptop dengan modem VPN Indonesia. Akan tetapi, kelemahan jaringan wifi yaitu tak begitu sulit ‘ditembus’ oleh orang yang ini menggunakan internet kita. Sebabnya, membobol password wifi bukanlah hal yang begitu sulit. Apalagi bagi orang yang sangat memahami seluk beluk jaringan komputer. Bila jaringan wifi berhasil ‘ditembus’, maka internet kita dapat digunakan oleh orang yang berhasil ‘menembusnya’ sehingga akan mengurangi kouta internet kita. Selain itu, kecepatan internet akan berkurang.


Baca juga:
Tips Ampuh Lindungi komputer dari serangan Virus
Cara Menghindari Aplikasi Palsu
Pengertian Windows yang Harus Kamu Ketahui

Cara Mudah Mengamankan Jaringan Wifi Dirumah

1. Perlemah Pancaran Sinyal Wifi ke Luar Rumah 

Dengan memperlemah sinyal wifi ke luar rumah, maka internet akan menjadi lambat apabila diakses dari luar rumah. Karena kecepatan internet lambat di luar rumah, maka orang yang ingin menggunakan wifi kita akan merasa malas menggunakannya. Lalu, bagaimana cara untuk memperlemah pancaran sinyal wifi ke luar rumah? Kita dapat menyimpan modem wifi router di bawah meja ataupun di bawah kasur. Dengan catatan, posisi kita saat berinternet VPN Cepat harus dekat dengan posisi modem digunakan. Selain menyimpan modem di kedua tempat tersebut,dapat juga menyimpan benda yang mengandung logam di sekitar modem. Benda yang mengandung logam terbukti dapat mengurangi pancaran sinyal wifi. Nah, bila kita berinternet via hotspot wifi pada perangkat smartphone, cara tersebut dapat kita.gunakan juga. 

Baca juga: Pengertian ISP dan Fungsinya yang Harus Kamu Ketahui

2. Mengganti Nama SSID default dan Password Wifi default

Nama SSID dan password wifi ada dalam setiap jaringan Wifi. VPN Murah Nah, ketika kita membeli modem wifi router, kita akan mendapatkan nama SSID default dan password wifi default. Terkait keamanan, nama SSID default dan password wifi sebaiknya kita ganti. Sebabnya, bila seseorang mengetahui keduanya, maka seseorang tersebut dapat menggunakan jaringan wifi kita. Lalu, bagaimana mengganti nama SSID dan password wifi? Cara mengganti nama SSID dan password wifi biasanya tercetak dalam buku manualnya.

Nah, jaringan wifi kita lebih aman, tak ada salahnya rutin mengganti nama SSID dan password wifi. Dengan rutin mengganti keduanya, maka akan menyulitkan orang yang ingin menembus jaringan wifi kita VPN Gratis. Sebabnya, jaringan wifi kita akan sulit dikenali. Bila kita menggunakan internet via hotspot wifi pada perangkat smartphone, tak ada salahnya juga mengganti nama SSID dan password wifi. Caranya, masuk ke menu Portabel Wifi Setup. Menu ini ada di menu setting. Lalu, ganti nama SSID dan password wifi.

3. Matikan Wifi Jika Tidak Digunakan

Bila kita tak berinternet, sebaiknya mematikan wifi. Sebabnya, bila wifi menyala, jaringan wifi kita sangat berisiko ‘ditembus’ orang lain. Begitu pun bila kita berinternet via hotspot wifi. Untuk mencegah orang lain menggunakan internet tanpa izin, matikan wifi hotspot saat kita tak berinternet.


Well, itulah cara mudah mengamankan jaringan wifi dirumah. Semoga membantu dan jaringan wifi Kamu aman dari jangkauan orang yang coba memanfaatkan jaringan wifi Kamu dirumah.

Baca juga:
10 Negara paling aktif menggunakan Internet
Keamanan Bermasalah, Pengguna Wifi Rentan Diretas
Jenis Keamanan Pada Jaringan Wireless
0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengamankan Jaringan Wifi Dirumah"

Back To Top