Tips Memperbaiki Komputer Dengan Aman

Tips Memperbaiki Komputer Dengan Aman - Memperbaiki komputer membutuhkan ketelitian dan kesabaran, karena tanpa itu semua bisa saja komputer yang sedang kita perbaiki itu semakin rusak parah. Selain bisa menghemat uang dan waktu VPN Indonesia, memperbaiki komputer sendiri juga bisa menjadi hal yang menyenangkan apabila Anda adalah seseorang yang senang ngoprek. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memperbaiki komputer.

Tips Memperbaiki Komputer Dengan Aman


Baca juga: Jenis Keamanan Pada Jaringan Wireless

Mematikan Daya
Ingatlah selalu untuk mematikan daya sebelum memperbaiki apapun. Hal ini harus selalu menjadi langkah pertama VPN Cepat. Jangan sampai membuka casing komputer kecuali daya telah dimatikan. Banyak komputer yang memiliki sejumlah lampu led di dalam menunjukkan fungsi tertentu, cek bahwa tidak ada lampu yang menyala. Jika masih ada yang menyala, maka daya tersebut tidak sepenuhnya mati.

Banyak power supply yang memiliki tombol on-off di bagian belakang. Jika PSU Anda memilikinya, pastikan untuk mengubahnya ke posisi off.  Dan jika Anda bekerja pada laptop, netbook, atau tablet, pastikan untuk melepas baterai, serta melepas charger, sebelum melepas atau membongkar apapun.

Cabut Kabel Power
Sebagai tindakan pencegahan kedua, VPN Gratis lebih aman untuk mencabut kabel power komputer dari stop kontak, jika masih ada keraguan apakah komputer Anda telah sepenuhnya mati.

Hindari Asap dan Bau
Anda melihat asap yang berasal dari power supply atau dari dalam komputer atau bau terbakar atau aroma solder? Jika demikian:


  • Segera hentikan apapun yang Anda lakukan.
  • Cabut kabel power dari stop kontak.
  • Biarkan PC mendingin atau discharge setidaknya selama 5 menit.


Terakhir, jika Anda tahu perangkat yang menghasilkan asap atau bau, lepaskan, dan segera menggantinya. Jangan mencoba untuk memperbaiki perangkat yang rusak seperti ini, terutama jika itu adalah power supply.

Baca juga:
Tips Mempercepat Booting Windows 7
Fungsi Router dan Pengertiannya
Cara kerja firewall dan pengertiannya


Lepaskan Perhiasan Tangan
Memakai cincin logam, jam tangan, atau gelang memperbesar resiko tersetrum saat bekerja di sekitar perangkat tegangan tinggi seperti power supply. lepaskan apapun yang bersifat konduktif dari tangan Anda sebelum mengerjakan bagian dalam komputer, terutama jika Anda melakukan sesuatu seperti pengujian power supply.

Hindari Kapasitor
Kapasitor adalah komponen elektronik yang banyak terkandung dalam bagian dalam PC. Kapasitor dapat menyimpan muatan listrik untuk beberapa waktu setelah power dimatikan. Jadi tunggulah beberapa menit setelah mencabut kabel power, sebelum bekerja pada PC.

Jangan Pernah Memperbaiki Komponen Non-Serviceable
Bila Anda menemukan label yang mengatakan "No serviceable components inside", jangan menganggapnya sebagai tantangan atau bahkan saran. Ini adalah pernyataan serius.

Beberapa bagian dari komputer tidak dimaksudkan untuk diperbaiki, bahkan oleh orang yang paling profesional sekalipun. Anda biasanya akan melihat peringatan ini pada power supply tetapi Anda juga dapat melihatnya pada monitor, hard drive, drive optik dan komponen berbahaya atau sangat sensitif lainnya.


Baca juga: Fungsi Modem dan Pengertiannya



Well, itulah tips memperbaiki komputer dengan aman. Semoga membantu dan menambah wawasanmu.
0 Komentar untuk "Tips Memperbaiki Komputer Dengan Aman"

Back To Top